Diberdayakan oleh Blogger.

Pages

.

.

CONTOH LAPORAN PRAKERIN

Rabu, 03 Juli 2013



TUGAS
LAPORAN
PRAKTIK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)
Diajukan untuk memenuhi salah satu syarat program Praktik kerja industri
Di susun oleh:
ENNIS S KARSIWULAN
NIS.11101612
Kelas : XI-UPW 1

PEMERINTAH KABUPATEN MAJALENGKA
DINAS PENDIDIKAN
SMK NEGERI PALASAH
Jl.Raya Jatiwangi-Palimanan KM.05 Desa/Kec.Palasah Kab.Majalengka 45475
Telp/Fax: (0233) 884611,
E-mail:smknpalasah_mjl@yahoo.co.id
2012/2013
HALAMAN PENGESAHAN
Dengan bimbingan dan arahan serta pemeriksaan yang sebagaimana mestinya, maka kami menyatakan menerima dan menyetujui Laporan Praktik Kerja Industri ini yang telah disusun oleh:
Nama : Ennis S Karsiwulan
Kelas : XI- UPW 1
Nis    : 11101612
         Dimana penyusunan laporan ini, sebagai salah satu syarat utama setelah menyelesaikan Praktik Kerja Industri selama jangka waktu kurang lebih 3 ½  bulan terhitung sejak tanggal ……02 Januari 2013 s/d 15……April 2013 pada PT.REKA TRANS SUTERA TOURS & TRAVEL yang dimana bertempat di Jl. Moch.Ramdhan No.54 Bandung.

MENYETUJUI


SYARIFAH YENI ARIEF ……………………………..RYAN WIDIYANTO
Supervisor …………………………………………..Pembimbing
MENGETAHUI

Didi Mulyadi,S,Par.................................... Drs.Acep Saefudin M.Mpd
Ketua Jurusan Usaha Perjalanan Wisata...........Kepala Sekolah SMKN PALASAH


KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa Allah SWT. Karena atas berkat dan karunia-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan Laporan Praktik Kerja Industri ini tepat pada waktunya yang mana laporan ini dibuat untuk mengetahui kemampuan penulis setelah mengikuti Praktek Kerja Industri selama kurang lebih 3 ½  bulan dimulai pada tanggal 02 Januari 2013 s/d 15 April 2013 di PT.REKA TRANS SUTERA TOUR & TRAVEL. Laporan ini dibuat berdasarkan data dan informasi serta pengetahuan yang diperoleh selama penulis mengikuti Prakerin, baik dari pengetahuan teori maupun praktek.
Tidak lupa penulis mengucapkan terima kasih kepada pihak yang turut membantu dalam muyusun lapran ini, antara lain kepada :
     1.   kedua Orang Tua yang telah mendukug baik secara moril maupun materil;
     2.   Bapak Ikenhadi Osadi, selaku pimpinan di PT.REKA TRANS SUTERA TOUR & TRAVEL;
     3.Ibu Syarifah Yeni Arief, selaku supervisor di PT.REKA TRANS SUTERA TOUR & TRAVEL
     4.   Bapak Acep Saepuddin, selaku Kepala Sekolah SMK NEGERI PALASAH;
     5.   Bapak Didi Mulyadi,S.Par, selaku koordinator Prakerin SMK NEGERI PALASAH;
   6.   Seluruh Guru dan Staff pengajar di SMK NEGERI PALASAH;
     7.  Serta seluruh pihak yang telah membantu penulis baik secara langsung maupun tidak langsung yaang tidak dapat disebutkan satu persatu.

Sebagai manusia biasa, saya sebagai penulis tentunya menyadari bahwa dalam penyusunan laporan masih ada banyak hal yang merupakan suatu kekurangan yang mungkin saat ini belum dapat kami sempurnakan, maka dari itu dengan penuh keikhlasan penulis mengharapkan kritik dan saran dari semua pihak yang mana bertujuan untuk menjadi suatu pelengkap laporan ini di masa yang akan datang.
Penulis berharap semoga laporan ini berguna dan mendatangkan banyak manfaat bagi para pembacanya. Karena dengan membaca saja itu merupakan suatu kepuasan tersendiri bagi penulis. Semoga dengan adanya laporan ini para pembaca lebih terpacu untuk lebih mengembangkan potensi diri yang ada.
Terimah kasih,
Majalengka,29 April 2013
IDENTITAS PENULIS
Nama lengkap              : Ennis S Karsiwulan
Nama panggilan           : Ennis
Jenis Kelamin             : Perempuan
Tempat tanggal lahir   : Majalengka,04 Maret 1996
Anak ke                     : 1 (satu) dari 2 (dua) bersaudara
Agama                    : Islam
Gol.Darah              : B
Alamat                   :  Ds.Leuwikujang Kec.Leuwimunding Kab.Majalengka
                                
Nama Orang tua    : - Ayah  : Eddy Syuhaedy J.F
                                - Ibu      : Juju Jumiati
Alamat                 : Ds.Leuwikujang Kec.Leuwimunding Kab.Majalengka
Sekolah                : SMK NEGERI PALASAH
Jurusan                 : Usaha Perjalanan Wisata
Kelas/Nis              : XI-UPW 1 / 11101612
Alamat sekolah     : Jl.Raya Jatiwangi-Palimanan KM.05 Desa/Kec.Palasah Kab.Majalengka 45475
Telp/Fax                : (0233) 884611

Nama Industri       : PT.REKA TRANS SUTERA TOUR & TRAVEL
Alamat                  : 2F,Jl.Moch.Ramdhan No.54,Bandung-Indonesia 40252
Telp/Fax              : (022) 522 1881/ 522 6828
DAFTAR ISI
Halaman pengesahan........................................................................................................
Kata pengantar ………...........................................................................................................
Identitas penulis.................................................................................................................
Daftar Isi ………………
Abstraksi.......................
BAB I PENDAHULUAN …..
  1. Latar Belakang Praktek Kerja Industri…………
  2. Tujuan dan Manfaat Praktek Kerja Industri
1. Tujuan Praktek Kerja Industri…………..
2.Manfaat Praktek Kerja Industri
  1. Metode
C.1 Metode Pelaksanaan Praktek Kerja Industri………….
C.2 Metode Pengumpulan Data ……….
BAB II  TINJAUAN UMUM PT.REKA TRANS SUTERA TOUR & TRAVEL
  1. Gambaran Umum PT.REKA TRANS SUTERA TOUR & TRAVEL…………………………….
  2. Visi & Misi PT.REKA TRANS SUTERA TOUR & TRAVEL ……………………………….
BAB III PEMBAHASAN / URAIAN KHUSUS
  1. Aktivitas Khusus Prakerin ………………………………………
  2. Menerima Telepon ………………………………………………
  3. Reservasi & Booking ……………………………………………
  4. Pax Handling ……………………………………………………
  5. Mingissued Tiket ………………………………………………..
    1. Manual …………………………………………………..
    2. Elektrik …………………………………………………..
  6. Membuat Invoice ………………………………………………..
  7. Membuat LG (Letter Of Guarantee) …………………………….
  8. LPP (Laporan Penjualan Pasasi)…………………………………
BAB III PENUTUP …………………………………………………….
  1. Kesimpulan ……………………………………………………..
  2. Saran-saran....................................................
  3. Daftar Pustaka...................

ABSTRAKSI
               Untuk memenuhi persyaratan kelulusan dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia salah satunya adalah harus menyusun laporan Praktek kerja industri (Prakerin).
               Penulis melakukan Praktek Kerja  dari tanggal 02 Januari 2013 sampai 15 April 2013 di PT.REKA TRANS SUTERA TOUR & TRAVEL  yang berada di Jl.Moch Ramdhan No.54 Bandung.PT.REKA TRANS SUTERA TOUR & TRAVEL adalah biro perjalanan yang memberikan bermacam-macam pelayanan .Misalnya,Paket wisata,ticketing,dan hal-hal yang berhubungan dengan perjalanan. Selama Praktik Kerja,di sana saya belajar banyak hal.Untuk pertama kalinya saya merasa sangat kesulitan,tetapi karena di beritahu oleh karyawan di sana ,sedikit demi sedikit saya menjadi mengerti tentang dunia travel.Di sana saya belajar melayani penjualan tiket pesawat terbang.mengetik bermacam-macam surat, menjawab telepon yanng masuk ,Reservasi hotel, dan lain-lain.
               Akhir-akhir ini pariwisata semakin meningkat,dimana-man terdapat tempat wisata yangmmenarik.Oleh karena  titu,para wisatawan banyak berdatngan unytuk menikmatinya.Untuk melakukan perjalanan tersebut, biasanya mereka menggunakan biro perjalanan.
             Biro perjalanan unmumnya melayani pembelian tiket,membuat paket wisata dan sebagainya.Di dalam paket wisata tersebut telah tertulia jenis-jenis kegiatan yang akan di lakukan,lamanya waktu kunjiungan,harga dan lainnya
            Paket wisat harus di buat semenarik mungkin, agar para wisatawan tertarik untuk menbelinya. Oleh karena itu harus di akukan promosi paket wisat tersebut. Misalnya melalui iklan di surat kabar,iklan di televisi,pendekatan terhadap pelangan dan sebagainya. Semakin bbanyak paket wisata yang terjual mak  akan semakin berpengaruh baik, yaitu banyaknya profit bagi perusahaan tersebut.
BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG PRAKTEK KERJA INDUSTRI
Pelaksanaan Praktek Kerja industri (prakerin) yang dilakukan oleh siswa /I yangMerupakan salah satu kurikulum atau program sekolah di SMK NEGERI PALASAH termasuk jurusan Usaha Perjalanan Wisata dimana program ini merupakan suatu program yang sangat membantu siswa/I dalam meningkatkan pengetahuan yang diperoleh selama berada di sekolah, karena dengan adanya kegiatan praktek ini siswa/I dapat mengetahui secara langsung apa itu industri dan dapat merasakan serta membandingkan antara ilmu yang diperoleh dari sekolah dengan kenyataan yang ada di industry.
Selain dari pada itu dengan adanya program PRAKERIN ini siswa/i telah mendapat kesempatan untuk terjun langsung dalam dunia industri yang selama ini selalu menjadi tanda tanya bagi mereka, dan tak luput dari itu semua siswa/i juga dapat mengsosialisasikan ilmu pengetahuan yang mereka mereka peroleh di sekolah serta bersosialisasi langsung dengan segala sesuatu yang berhubungan dengan dunia industry.
Karena melihat besarnya manfaat dari kegiatan praktek kerja industry ini dalam meningkatkan potensi yang ada di dalam siswa/i maka sampai saat ini program ini sudah menjadi keharusan untuk lanjut ketingkatan berikutnya serta uji kompetensi yang harus di selesaikan.
B. TUJUAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI
1. Tujuan Umum
Magang merupakan mata kuliah yang berupa kuliah kerja nyata yang
dilakukan mahasiswa pada perusahaan atau lembaga, yang memiliki kaitan
keilmuan maupun keprofesian dengan latar belakang program pendidikan
mahasiswa. Kegiatan magang ini bertujuan untuk menerapkan ilmu pengetahuan
yang didapatkan oleh mahasiswa peserta magang selama mengikuti kuliah,
sehingga mahasiswa peserta magang dapat mengetahui secara langsung tentang
bagaimana pelaksanaan kegiatan operasional pada perusahaan yang bersangkutan.
2. Tujuan Khusus
Kegiatan magang ini juga memiliki tujuan khusus, yakni untuk mengetahui
praktek koreksi fiskal dalam rangka pelaporan Pajak Penghasilan (PPh) terutang
Wajib Pajak Badan pada Pt. Orisa Tour & Travel Mataram.
C. MANFAAT PRAKTEK KERJA INDUSTRI BAGI SISWA
a. Dapat memperoleh tambahan wawasan, pengetahuan dan keterampilan
yang relevan untuk meningkatkan kompetensi, kecerdasan intelektual dan
emosi.
b. Berkesempatan untuk belajar menerapkan pengetahuan teoritis yang
diperoleh di program pendidikan dalam berbagai kasus riil perusahaanatau
lembaga lain.
c. Mahasiswa dapat belajar untuk lebih profesional dalam mengerjakan
setiap pekerjaan dengan keterampilan emosional secara luas dalam dunia
kerja yang dibutuhkan.
d. Mengetahui dengan lebih jelas mengenai realita dunia kerja secara
langsung
e. Mampu beraktualisasi dan berkreasi pada ilmu yang dimiliki serta dalam
hubungan berkomunikasi dalam lingkungan kerjanya
f. Memperdalam dan meningkatkan keterampilan dan kreatifitas diri dalam
lingkungan yang sesuai dengan disiplin ilmu yang dimilikinya
g. Menjadi bahan persiapan menghadapi dunia kerja dan menyiapkan
langkah-langkah yang diperlukan untuk menyesuaikan diri dalam
lingkungan kerjan di masa mendatang.
h. Menambah wawasan dan pengetahuan kerja agar siap terjun langsung di
dunia kerja.
C.METODE
C1. Metode Pelaksanaan Praktek Kerja Industri
Metode yang dilaksanakan selama pelaksanaan Kegiatan Magang ini
berlangsung yaitu dengan berpartisipasi langsung di bagian penulis ditempatkan
oleh perusahaan serta membantu pelaksanaan tugas-tugas karyawan, seperti
membuat laporan keuangan, menghitung besarnya pajak PPh pasal 25, mengisi
SPT, membayar pajak, dan lain-lain. Selain itu, selama dalam pelaksanaan
Kegiatan Magang, penulis juga berusaha mendapatkan data untuk kelengkapan
laporan akhir yang ditulis oleh penulis dengan cara melakukan serangkaian
wawancara kepada pihak PT. Orisa Tour & Travel Mataram serta pengumpulan
data-data yang dimiliki oleh perusahaan terkait dengan topik penulisan laporan akhir ini.

C2.Metode pengumpulan data
               Dalam melaksanakan penulisan ini,teknik pengumpilan data yang di gunakan penulis adalah sbb:
1.Studi Lapangan (Field Research)
              Dalam penelitian ini penulis mengumpulkan data informasi dengan cara meninjau langsung ke lokasi perusahaan yang di peroleh dengan cara Observasi,Interview dan Studi Dokumentasi.
2.Studi Pustaka (Library Research)
                Yaitu penelitian yang di lakukan dengan memperoleh data yang bersifat teoritis dari catatan-catatan dokumen perusahaan ataun bahasa tulisan lainnya yang ada kaitannya dengan objek penelitian.
BAB II
TINJAUAN UMUM PT. REKA TRANS SUTERA TOUR & TRAVEL
       A. GAMBARAN UMUM  PT. REKA TRANS SUTERA TOUR & TRAVEL
Adapun bentuk pelayanan yang diberikan kepada konsumen adalah sebagai berikut :
  • Sistem Reservasi yang online pada semua Airlines.
  • Sistem pembayaran yang dapat dilakukan secara Tunai (Cash), Kredit (CC), Debit(DB),bahkan kombinasi dari beberapa cara tersebut.
  • Pemesanan tiket yang cepat dan dapat diantarkan
  • Ruang pelayanan yang luas dan nyaman
  • Melayani pemesanan tiket domestic/internasional, penjualan voucher hotel, Tour domestic & internasional, Serta pembuatan dokumen perjalanan.
B.VISI & MISI PT.REKA TRANS SUTERA TOUR & TRAVEL
Demi perkembangan perusahaan, PT.REKA TRANS SUTERA TOUR & TRAVEL memiliki visi dan misi yang sangat menunjang faktor kinerja perusahaan.Adapun visi dan misi PT.REKA TRANS SUTERA TOUR & TRAVEL yaitu :
  • VISI
ü      Penjualan tiket dengan mengutamakan pelayanan yang terbaik dan memuaskan demi menjaga kepercayaan konsumen.
ü      Peningkatan mutu dan kesejahteraan karyawan
ü      Peningkatan pemasukan penjualan
ü      Menjadi biro perjalanan yang bertaraf internasional
  • MISI
PT.REKA TRANS SUTERA TOUR & TRAVEL  mempunyai misi yaitu mengembangkan usaha pariwisata di Bandung pada khususnya dan Indonesia pada umumnya.
Dengan semakin dikenalnya PT.REKA TRANS SUTERA TOUR & TRAVEL dikalangan masyarakat membuat travel agent ini lebih giat lagi dalam menjalin hubungan kerjasama dengan berbagai pihak, baik dari instansi pemerintah maupun pihak swasta.Kepercayaan masyarakat pun terus meningkat hal ini terbukti dengan tingkat penjualan yang terus meningkat selama 3 tahun ini.
BAB III
PEMBAHASAN / URAIAN KHUSUS
A. AKTIVITAS KHUSUS PRAKTEK KERJA INDUSTRI
Penulis melaksanakan Praktek Kerja Industri selama lebih dari 3 ½  bulan tercatat mulai tanggal 02 Januari 2013 sampai 15 April 2013.Praktek tersebut berlangsung setiap hari kerja kecuali pada hari minggu.
            Pada awal pelaksanaan Praktek Kerja Industri penulis pernah ditempatkan di bagian ticketing,reservasi hotel dan pernah pula yang ditempatkan di bagian pelaporan.Karena adanya batasan ruang gerak kami sebagai siswa/i praktek maka yang paling dominan kami pelajari hanya 2 hal tersebut yaitu Tiketing dan Reservasi hotel.Siswa/i yang ditempatkan di bagian ticketing diberikan kesempatan untuk mengenal lebih dalam tentang tata cara sistem reservasi yang tentunya berbeda masing – masing Airlines.Setelah beberapa hari siswa/i diajarkan untuk mengissued tiket manual yang mana sangat membutuhkan ketelitian yang tinggi, dengan seiring berjalannya waktu siswa/i pun sudah dapat membantu melakukan reservasi baik itu secara langsung maupun lewat telepon.begitupun ketika saya di tempatkan di bagian reservasi hotel di berikan kesempatan untuk mengenal lebih dalam tentang tata cara sistem reservasi yang tentunya berbeda baik domestic maupun internasional.setelah beberapa hari saya pun di ajarkan untuk menghandle reservasi hotel,baik domestic maupun international.
B. MENERIMA TELEPON
        Dalam keadaan apapun kita harus senantiasa ramah dalam menjawab telepon.Menerima telepon dengan baik sudah menjadi kebijakan pada setiap perusahaan, diangkat pada deringan pertama atau kedua dan terlebih dahulu mengucapkan nama perusahaan, salam dan langsung menawarkan bantuan.
C. RESERVASI DAN BOOKING
         PT.REKA TRANS SUTERA TOUR & TRAVEL telah online pada sebagian besar Airlines sehingga mempermudah melakukan reservasi atau membooking, tinggal memasukkan kode entry setiap Airlines pada komputer, seperti: mengecek tanggal dan rute penerbangan, menarik seat, memasukkan nama, nomor telepon travel dan penumpang, memasukkan received from, dan mengecek time limit (batas pembookingan tiket), setelah itu muncullah kode booking atau kode reservasi, dengan kode ini kita bisa mengecek reservasi setiap saat.
D. PAX HANDLING
         Menghandle penumpang bukanlah suatu pekerjaan yang mudah dilakukan karena setiap penumpang memiliki karakter/tipikal yang berbeda – beda, ada yang rumit untuk dihandle dan adapun sebaliknya, maka kita harus lebih cermat dalam memberikan pelayanan agar customer dapat merasa puas akan pelayanan yang diberikan. Adapun tata caranya yaitu:
ü      Bersikap ramah
ü      Sopan
ü      Murah senyum
ü      Supel
ü      Kreatif
ü      Tidak tegang(santai)
E. MENGISSUED TIKET
Mengissued tiket merupakan kegiatan yang sering dilakukan pada saat Praktek Kerja Industri.Dalam mengissued tiket terbagi atas 2 macam cara yaitu :
  • Manual
Mengissued tiket secara manual yaitu mengissued dengan menggunakan tulisan tangan akan tetapi dengan cara ini haruslah berhati – hati, harus mengisi tepat pada kolomnya, terutama pada kolom rute, jenis pesawat, harga dan nama penumpang yang akan berangkat.
Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penerbitan tiket secara manual :
ü      Tidak boleh menggunakan tinta cair
ü      Tidak boleh kotor atau terlihat bekas hapusan
ü      Harga tiket harus sama dengan harga yang diberikan Airlines.
ü      Harus mengisi kolom sesuai dengan aturannya
               Tiket yang selalu kita temukan itu mempunyai komponen-komponennya sendiri adapun bagian dari tiket yaitu :
ü      Audit Coupon, yaitu bagian yang dilampirkan oleh pihak ticketing pada laporan penjualan sebagai pertanggung jawaban paenjualan tiket.
ü      Control Coupon, merupakan arsip bagi kantor penjualan Airlines sebagai pengawasan agent.
ü      Agent Coupon, merupakan arsip bagi agent penjualan tiket.
ü      Flight Coupon, merupakan lembaran yang dibawa oleh penumpang dan diserahkan kepada petugas bandara untuk mendapatkan “Boarding Pass”.
ü      Passanger Coupon, merupakan arsip bagi penumpang.
Ada beberapa jenis tiket yang biasa digunakan dalam Tiketing, seperti :
ü    Ticket One Way, dimana tiket ini digunakan untuk satu kali penerbangan, terdiri atas 5 lembaran yaitu audit, control, agent, flight, dan passenger coupon masing – masing satu lembar.
ü    Ticket Roundtrip (Return), tiket ini digunakan untuk dua kali penerbangan (2 Rute), terdiri atas 6 lembar dimana terdapat 2 lembar flight coupon.
  • Elektrik
Pada dasarnya tiket yang dibuat secara elektronik atau disebut dengan Electronic Ticket (ET), sama halnya dengan cara manual namun titik perbedaannya adalah menggunakan komputer dalam penerbitannya dan tidak menggunakan tulisan tangan lagi.Saat ini telah ada 3 Airlines yang menggunakan Electronic Ticket (ET) yaitu Garuda Airways, Merpati Airways, dan Batavia Air.Namun seiring dengan berjalan dan meningkatnya tekhnologi kebanyakan Airlines sudah mengambil tindakan untuk tidak menggunakan tiket manual lagi tapi lebih mengacu kepada Electronic Ticket (ET),hal itu disebabkan karena banyaknya kemudahan dalam menggunakan E-Ticket.
F. MEMBUAT INVOICE
Invoice atau nota dibuat pada saat transaksi pembayaran tiket sebagai suatu tanda bukti, dalam memberikan diskon tergantung dari kebijakan perusahaan yang terpenting tidak boleh melebihi harga tiket yang diberikan oleh Airlines PT.REKA TRANS SUTERA TOUR & TRAVEL mempunyai 2 cara pembuatan Invoice yaitu secara manual dan elektrik tapi yang lebih sering dipakai adalah pembuatan Invoice secara elektrik sedangkan secara manual hanya merupakan alternative jika sistem pembuatan Invoice secara elektrik mengalami gangguan, selanjutnya Invoice yang telah jadi diberikan kepada bagian kasir yang kemudian transaksi pembayaran dapat dilakukan di loket.
G. MEMBUAT LG (Letter of Guarantee).
Letter of Guarantee (LG) merupakan suatu cara yang diberikan oleh Airlines untuk mempermudah proses transaksi yang selama ini dilakukan oleh Travel Agent, pemesanan tiket yang dapat diambil di kota lain meskipun pemesanannya dilakukan di tempat yang berbeda dan pembayarannya pun dilakukan di PT.REKA TRANS SUTERA TOUR & TRAVEL, meskipun ada cara yang seperti ini tapi tidak semua pihak dapat diberikan LG kecuali pihak – pihak yang telah mendapat kepercayaan penuh dari perusahaan.
Proses pemesanan tiket ini disebut dengan Proses PTA (Prepaid Ticket Advice) yang pengambilan tiketnya dapat dilakukan di masing – masing Airlines, batas pengambilan tiket PTA itu sendiri paling lambat 7 hari setelah proses PTA dilakukan tetapi sekarang Proses pengambilannya disarankan 2 atau 1 hari setelah proses PTA dilakukan.
H. LPP (Laporan Penjualan Pasasi).
  LPP merupakan salah satu kegiatan yang sangat menunjang kelancaran bahkan bisa menjadi tolak ukur seberapa besar jumlah penjualan tiket suatu Travel karena disinilah semua tiket yang masuk dan keluar dicatat.Tiket yang telah diissued/dibuat wajib dilaporkan kepada masing – masing Airlines lewat proses LPP.Pelaporan masing – masing Airlines pun berbeda – beda seperti Merpati Airways yang proses pelaporannya memiliki periode, sedangkan untuk pelaporan E-Ticket biasanya menggunakan deposito untuk dapat melakukan ticketing kembali.
                 Pada PT.REKA TRANS SUTERA TOUR & TRAVEL bagian LPP tidak hanya melakukan pelaporan penjualan tapi juga melakukan pencatatan jika ada Agent News yang diberikan oleh Airlines baik itu berupa Revisi harga ataupun yang lain, Agent News itupun segera dicopy dan dibagikan kepada staff ticketing agar tidak terjadi kesalahan dalam pemberian informasi kepada pelanggan.Tetapi, PT.REKA TRANS SUTERA TOUR & TRAVEL sekarang ini telah menggunakan sistem yang dimana dalam sistem ini sudah termuat seluruh isi dari agent news yang ada, sehingga pemberian informasi dapat dilakukan lebih cepat.Sistem itu disebut dengan nama “INTRANET”.
BAB III
PENUTUP
A. KESIMPULAN
Setelah pelaksaan Praktek Kerja Industri yang bertempat pada PT.REKA TRANS SUTERA TOUR & TRAVEL , penulis dapat membandingkan materi yang diperoleh dari sekolah maupun dari industry. Pada dasarnya di sekolah maupun di industry mempunyai persamaan dan perbedaan yang tidak jauh berbeda. Perbedaan yang dimiliki hanya terletak pada penyesuaian suasana terutama pada saat proses reservasi dan menghandle penumpang di tempat industry.
Dengan pelaksanaan Praktek Kerja Industri ini siswa/i dilatih untuk mandiri dalam bekerja serta menjadi seseorang yang professional terutama dalam hal pemberian pelayanan terhadap pelanggan, selain itu juga praktek ini memberikan pengalaman yang belum pernah penulis rasakan sebelumnya, sehingga pengalaman ini dapat penulis jadikan sebagai anutan untuk masa yang akan datang.
Kami selaku siswa/i praktek merasa sangat membutuhkan hal ini layaknya kami membutuhkan udara untuk bernafas.Karena, sebuah laporan bukanlah sebuah laporan, hingga ada orang yang membacanya dan memaknainya dengan hal yang postif.Semoga apa yang tertulis tidaklah hanya menjadi sebuah tulisan.
B. SARAN – SARAN
Untuk meningkatkan mutu pelayanan pada PT.REKA TRANS SUTERA TOUR & TRAVEL, maka kami sebagai peserta praktek sekaligus penulis sangat ingin melihat adanya suatu perkembangan pada perusahaan tersebut baik secara teknisi maupun secara operational. Tiada kata yang dapat kami ucapkan selain rasa terima kasih dan bangga kepada PT.REKA TRANS SUTERA TOUR & TRAVEL dan karena rasa peduli kami terhadap perusahaan tersebut maka kami mengajukan beberapa saran yang mudah – mudahan dapat menjadi sarana perubahan menuju hal yang lebih baik sebagai berikut:
  • Hubungan kerjasama antar karyawan serta kedisiplinan yang selama ini dilakukan perlu dipertahankan kalau perlu terus ditingkatkan untuk menjaga dan sekaligus meningkatkan kualitas kerja.
  • Dalam menghadapi konsumen sebaiknya karyawan lebih ramah dan tidak lupa memberikan senyuman karena keduanya merupakan salah satu daya tarik bagi konsumen dan merupakan kesan sendiri yang dirasakan oleh penumpang/customer.
  • Perlunya memperhatikan kebersihan lingkungan kerja terutama di meja karyawan karena meja yang berantakan dapat menimbulkan suatu keadaan yang membuat staff merasa pusing dan customer merasa terganggu dengan pemandangan tersebut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tuliskan komentar anda di sini :

 

Search This Blog

Translate

KATEGORI

Wikipedia

Hasil penelusuran

ENTRI POPULER

Daftar Blog Saya

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *