TUGAS
LAPORAN
PRAKTIK KERJA INDUSTRI
(PRAKERIN)
Diajukan
untuk memenuhi salah satu syarat program Praktik kerja industri
Di susun oleh:
ENNIS S KARSIWULAN
NIS.11101612
Kelas : XI-UPW 1
PEMERINTAH KABUPATEN MAJALENGKA
DINAS PENDIDIKAN
SMK NEGERI PALASAH
Jl.Raya
Jatiwangi-Palimanan KM.05 Desa/Kec.Palasah Kab.Majalengka 45475
Telp/Fax: (0233)
884611,
E-mail:smknpalasah_mjl@yahoo.co.id
2012/2013
HALAMAN PENGESAHAN
Dengan bimbingan dan arahan serta
pemeriksaan yang sebagaimana mestinya, maka kami menyatakan menerima dan
menyetujui Laporan Praktik Kerja Industri ini yang telah disusun oleh:
Nama : Ennis S Karsiwulan
Kelas : XI- UPW 1
Nis
: 11101612
Dimana
penyusunan laporan ini, sebagai salah satu syarat utama setelah menyelesaikan
Praktik Kerja Industri selama jangka waktu kurang lebih 3 ½ bulan terhitung sejak tanggal ……02 Januari
2013 s/d 15……April 2013 pada PT.REKA TRANS SUTERA TOURS & TRAVEL yang
dimana bertempat di Jl. Moch.Ramdhan No.54 Bandung.
MENYETUJUI
SYARIFAH YENI ARIEF ……………………………..RYAN WIDIYANTO
Supervisor …………………………………………..Pembimbing
MENGETAHUI
Didi Mulyadi,S,Par.................................... Drs.Acep
Saefudin M.Mpd
Ketua Jurusan Usaha Perjalanan Wisata...........Kepala
Sekolah SMKN PALASAH
KATA PENGANTAR
Puji syukur
kehadirat Tuhan Yang Maha Esa Allah SWT. Karena atas berkat dan karunia-Nya,
sehingga penulis dapat menyelesaikan Laporan Praktik Kerja Industri ini tepat
pada waktunya yang mana laporan ini dibuat untuk mengetahui kemampuan penulis
setelah mengikuti Praktek Kerja Industri selama kurang lebih 3 ½ bulan dimulai pada tanggal 02 Januari 2013
s/d 15 April 2013 di PT.REKA TRANS SUTERA TOUR & TRAVEL. Laporan ini dibuat berdasarkan data dan informasi
serta pengetahuan yang diperoleh selama penulis mengikuti Prakerin, baik dari
pengetahuan teori maupun praktek.
Tidak lupa penulis mengucapkan terima kasih kepada pihak yang turut
membantu dalam muyusun lapran ini, antara lain kepada :
1.
kedua Orang Tua yang telah mendukug baik secara moril maupun materil;
2.
Bapak Ikenhadi Osadi, selaku pimpinan di PT.REKA TRANS SUTERA
TOUR & TRAVEL;
3.Ibu Syarifah Yeni Arief, selaku
supervisor di PT.REKA TRANS SUTERA TOUR & TRAVEL
4. Bapak Acep Saepuddin, selaku Kepala Sekolah SMK NEGERI PALASAH;
5. Bapak Didi Mulyadi,S.Par,
selaku koordinator Prakerin SMK NEGERI PALASAH;
6. Seluruh Guru dan Staff pengajar di SMK NEGERI PALASAH;
7.
Serta seluruh pihak yang telah membantu penulis baik secara langsung maupun
tidak langsung yaang tidak dapat disebutkan satu persatu.
Sebagai manusia biasa,
saya sebagai penulis tentunya menyadari bahwa dalam penyusunan laporan masih
ada banyak hal yang merupakan suatu kekurangan yang mungkin saat ini belum
dapat kami sempurnakan, maka dari itu dengan penuh keikhlasan penulis
mengharapkan kritik dan saran dari semua pihak yang mana bertujuan untuk
menjadi suatu pelengkap laporan ini di masa yang akan datang.
Penulis berharap
semoga laporan ini berguna dan mendatangkan banyak manfaat bagi para
pembacanya. Karena dengan membaca saja itu merupakan suatu kepuasan tersendiri
bagi penulis. Semoga dengan adanya laporan ini para pembaca lebih terpacu untuk
lebih mengembangkan potensi diri yang ada.
Terimah kasih,
Majalengka,29
April 2013
IDENTITAS
PENULIS
Nama lengkap
: Ennis S Karsiwulan
Nama
panggilan : Ennis
Jenis
Kelamin : Perempuan
Tempat
tanggal lahir : Majalengka,04 Maret 1996
Anak ke : 1 (satu) dari 2 (dua)
bersaudara
Agama : Islam
Gol.Darah : B
Alamat :
Ds.Leuwikujang Kec.Leuwimunding Kab.Majalengka
Nama Orang
tua : - Ayah : Eddy Syuhaedy J.F
- Ibu : Juju Jumiati
Alamat : Ds.Leuwikujang Kec.Leuwimunding Kab.Majalengka
Sekolah : SMK NEGERI PALASAH
Jurusan : Usaha Perjalanan Wisata
Kelas/Nis : XI-UPW 1 / 11101612
Alamat sekolah : Jl.Raya
Jatiwangi-Palimanan KM.05 Desa/Kec.Palasah Kab.Majalengka 45475
Telp/Fax : (0233) 884611
Nama Industri : PT.REKA TRANS SUTERA TOUR & TRAVEL
Alamat : 2F,Jl.Moch.Ramdhan No.54,Bandung-Indonesia
40252
Telp/Fax : (022) 522 1881/ 522 6828
DAFTAR ISI
Halaman
pengesahan........................................................................................................
Kata pengantar ………...........................................................................................................
Identitas
penulis.................................................................................................................
Daftar Isi ………………
Abstraksi.......................
BAB I PENDAHULUAN …..
- Latar Belakang Praktek Kerja Industri…………
- Tujuan dan Manfaat Praktek Kerja Industri
1. Tujuan Praktek
Kerja Industri…………..
2.Manfaat Praktek
Kerja Industri
- Metode
C.1 Metode Pelaksanaan
Praktek Kerja Industri………….
C.2 Metode Pengumpulan
Data ……….
BAB II TINJAUAN UMUM PT.REKA TRANS SUTERA TOUR & TRAVEL
- Gambaran Umum PT.REKA TRANS SUTERA TOUR & TRAVEL…………………………….
- Visi & Misi PT.REKA TRANS SUTERA TOUR & TRAVEL ……………………………….
BAB III PEMBAHASAN / URAIAN KHUSUS
- Aktivitas Khusus Prakerin ………………………………………
- Menerima Telepon ………………………………………………
- Reservasi & Booking ……………………………………………
- Pax Handling ……………………………………………………
- Mingissued Tiket ………………………………………………..
- Manual …………………………………………………..
- Elektrik …………………………………………………..
- Membuat Invoice ………………………………………………..
- Membuat LG (Letter Of Guarantee) …………………………….
- LPP (Laporan Penjualan Pasasi)…………………………………
BAB III PENUTUP …………………………………………………….
- Kesimpulan ……………………………………………………..
- Saran-saran....................................................
- Daftar Pustaka...................
ABSTRAKSI
Untuk memenuhi persyaratan
kelulusan dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia salah satunya adalah harus
menyusun laporan Praktek kerja industri (Prakerin).
Penulis melakukan Praktek
Kerja dari tanggal 02 Januari 2013
sampai 15 April 2013 di PT.REKA TRANS SUTERA TOUR & TRAVEL yang berada di Jl.Moch Ramdhan No.54
Bandung.PT.REKA TRANS SUTERA TOUR & TRAVEL adalah biro perjalanan yang
memberikan bermacam-macam pelayanan .Misalnya,Paket wisata,ticketing,dan
hal-hal yang berhubungan dengan perjalanan. Selama Praktik Kerja,di sana saya
belajar banyak hal.Untuk pertama kalinya saya merasa sangat kesulitan,tetapi
karena di beritahu oleh karyawan di sana ,sedikit demi sedikit saya menjadi
mengerti tentang dunia travel.Di sana saya belajar melayani penjualan tiket
pesawat terbang.mengetik bermacam-macam surat, menjawab telepon yanng masuk
,Reservasi hotel, dan lain-lain.
Akhir-akhir ini pariwisata
semakin meningkat,dimana-man terdapat tempat wisata yangmmenarik.Oleh
karena titu,para wisatawan banyak
berdatngan unytuk menikmatinya.Untuk melakukan perjalanan tersebut, biasanya
mereka menggunakan biro perjalanan.
Biro perjalanan unmumnya melayani
pembelian tiket,membuat paket wisata dan sebagainya.Di dalam paket wisata
tersebut telah tertulia jenis-jenis kegiatan yang akan di lakukan,lamanya waktu
kunjiungan,harga dan lainnya
Paket wisat harus di buat semenarik
mungkin, agar para wisatawan tertarik untuk menbelinya. Oleh karena itu harus
di akukan promosi paket wisat tersebut. Misalnya melalui iklan di surat
kabar,iklan di televisi,pendekatan terhadap pelangan dan sebagainya. Semakin
bbanyak paket wisata yang terjual mak
akan semakin berpengaruh baik, yaitu banyaknya profit bagi perusahaan
tersebut.
BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR
BELAKANG PRAKTEK KERJA INDUSTRI
Pelaksanaan Praktek
Kerja industri (prakerin) yang dilakukan oleh siswa /I yangMerupakan salah satu
kurikulum atau program sekolah di SMK NEGERI PALASAH termasuk jurusan Usaha
Perjalanan Wisata dimana program ini merupakan suatu program yang sangat
membantu siswa/I dalam meningkatkan pengetahuan yang diperoleh selama berada di
sekolah, karena dengan adanya kegiatan praktek ini siswa/I dapat mengetahui
secara langsung apa itu industri dan dapat merasakan serta membandingkan antara
ilmu yang diperoleh dari sekolah dengan kenyataan yang ada di industry.
Selain dari pada itu
dengan adanya program PRAKERIN ini siswa/i telah mendapat kesempatan untuk
terjun langsung dalam dunia industri yang selama ini selalu menjadi tanda tanya
bagi mereka, dan tak luput dari itu semua siswa/i juga dapat mengsosialisasikan
ilmu pengetahuan yang mereka mereka peroleh di sekolah serta bersosialisasi
langsung dengan segala sesuatu yang berhubungan dengan dunia industry.
Karena melihat
besarnya manfaat dari kegiatan praktek kerja industry ini dalam meningkatkan
potensi yang ada di dalam siswa/i maka sampai saat ini program ini sudah
menjadi keharusan untuk lanjut ketingkatan berikutnya serta uji kompetensi yang
harus di selesaikan.
B. TUJUAN
PRAKTEK KERJA INDUSTRI
1.
Tujuan Umum
Magang
merupakan mata kuliah yang berupa kuliah kerja nyata yang
dilakukan
mahasiswa pada perusahaan atau lembaga, yang memiliki kaitan
keilmuan
maupun keprofesian dengan latar belakang program pendidikan
mahasiswa.
Kegiatan magang ini bertujuan untuk menerapkan ilmu pengetahuan
yang
didapatkan oleh mahasiswa peserta magang selama mengikuti kuliah,
sehingga
mahasiswa peserta magang dapat mengetahui secara langsung tentang
bagaimana
pelaksanaan kegiatan operasional pada perusahaan yang bersangkutan.
2.
Tujuan Khusus
Kegiatan
magang ini juga memiliki tujuan khusus, yakni untuk mengetahui
praktek
koreksi fiskal dalam rangka pelaporan Pajak Penghasilan (PPh) terutang
Wajib Pajak Badan
pada Pt. Orisa Tour & Travel Mataram.
C.
MANFAAT PRAKTEK KERJA INDUSTRI BAGI SISWA
a. Dapat
memperoleh tambahan wawasan, pengetahuan dan keterampilan
yang
relevan untuk meningkatkan kompetensi, kecerdasan intelektual dan
emosi.
b.
Berkesempatan untuk belajar menerapkan pengetahuan teoritis yang
diperoleh
di program pendidikan dalam berbagai kasus riil perusahaanatau
lembaga
lain.
c.
Mahasiswa dapat belajar untuk lebih profesional dalam mengerjakan
setiap pekerjaan
dengan keterampilan emosional secara luas dalam dunia
kerja yang
dibutuhkan.
d.
Mengetahui dengan lebih jelas mengenai realita dunia kerja secara
langsung
e. Mampu
beraktualisasi dan berkreasi pada ilmu yang dimiliki serta dalam
hubungan
berkomunikasi dalam lingkungan kerjanya
f.
Memperdalam dan meningkatkan keterampilan dan kreatifitas diri dalam
lingkungan
yang sesuai dengan disiplin ilmu yang dimilikinya
g. Menjadi
bahan persiapan menghadapi dunia kerja dan menyiapkan
langkah-langkah
yang diperlukan untuk menyesuaikan diri dalam
lingkungan
kerjan di masa mendatang.
h.
Menambah wawasan dan pengetahuan kerja agar siap terjun langsung di
dunia
kerja.
C.METODE
C1.
Metode Pelaksanaan Praktek Kerja Industri
Metode
yang dilaksanakan selama pelaksanaan Kegiatan Magang ini
berlangsung
yaitu dengan berpartisipasi langsung di bagian penulis ditempatkan
oleh
perusahaan serta membantu pelaksanaan tugas-tugas karyawan, seperti
membuat
laporan keuangan, menghitung besarnya pajak PPh pasal 25, mengisi
SPT, membayar
pajak, dan lain-lain. Selain itu, selama dalam pelaksanaan
Kegiatan
Magang, penulis juga berusaha mendapatkan data untuk kelengkapan
laporan
akhir yang ditulis oleh penulis dengan cara melakukan serangkaian
wawancara
kepada pihak PT. Orisa Tour & Travel Mataram serta pengumpulan
data-data
yang dimiliki oleh perusahaan terkait dengan topik penulisan laporan akhir ini.
C2.Metode pengumpulan data
Dalam melaksanakan penulisan
ini,teknik pengumpilan data yang di gunakan penulis adalah sbb:
1.Studi
Lapangan (Field Research)
Dalam penelitian ini penulis
mengumpulkan data informasi dengan cara meninjau langsung ke lokasi perusahaan
yang di peroleh dengan cara Observasi,Interview dan Studi Dokumentasi.
2.Studi
Pustaka (Library Research)
Yaitu penelitian yang di
lakukan dengan memperoleh data yang bersifat teoritis dari catatan-catatan
dokumen perusahaan ataun bahasa tulisan lainnya yang ada kaitannya dengan objek
penelitian.
BAB II
TINJAUAN UMUM PT. REKA
TRANS SUTERA TOUR & TRAVEL
A.
GAMBARAN UMUM PT. REKA TRANS SUTERA TOUR
& TRAVEL
Adapun bentuk
pelayanan yang diberikan kepada konsumen adalah sebagai berikut :
- Sistem Reservasi yang online pada semua Airlines.
- Sistem pembayaran yang dapat dilakukan secara Tunai (Cash), Kredit (CC), Debit(DB),bahkan kombinasi dari beberapa cara tersebut.
- Pemesanan tiket yang cepat dan dapat diantarkan
- Ruang pelayanan yang luas dan nyaman
- Melayani pemesanan tiket domestic/internasional, penjualan voucher hotel, Tour domestic & internasional, Serta pembuatan dokumen perjalanan.
B.VISI &
MISI PT.REKA TRANS SUTERA TOUR & TRAVEL
Demi perkembangan
perusahaan, PT.REKA TRANS SUTERA TOUR & TRAVEL memiliki visi dan misi yang
sangat menunjang faktor kinerja perusahaan.Adapun visi dan misi PT.REKA TRANS
SUTERA TOUR & TRAVEL yaitu :
- VISI
ü Penjualan tiket dengan mengutamakan
pelayanan yang terbaik dan memuaskan demi menjaga kepercayaan konsumen.
ü Peningkatan mutu dan kesejahteraan karyawan
ü Peningkatan pemasukan penjualan
ü Menjadi biro perjalanan yang bertaraf
internasional
- MISI
PT.REKA TRANS SUTERA
TOUR & TRAVEL mempunyai misi yaitu
mengembangkan usaha pariwisata di Bandung pada khususnya dan Indonesia pada
umumnya.
Dengan semakin
dikenalnya PT.REKA TRANS SUTERA TOUR & TRAVEL dikalangan masyarakat membuat
travel agent ini lebih giat lagi dalam menjalin hubungan kerjasama dengan
berbagai pihak, baik dari instansi pemerintah maupun pihak swasta.Kepercayaan
masyarakat pun terus meningkat hal ini terbukti dengan tingkat penjualan yang
terus meningkat selama 3 tahun ini.
BAB III
PEMBAHASAN / URAIAN
KHUSUS
A. AKTIVITAS KHUSUS PRAKTEK KERJA INDUSTRI
Penulis melaksanakan
Praktek Kerja Industri selama lebih dari 3 ½
bulan tercatat mulai tanggal 02 Januari 2013 sampai 15 April
2013.Praktek tersebut berlangsung setiap hari kerja kecuali pada hari minggu.
Pada
awal pelaksanaan Praktek Kerja Industri penulis pernah ditempatkan di bagian
ticketing,reservasi hotel dan pernah pula yang ditempatkan di bagian pelaporan.Karena
adanya batasan ruang gerak kami sebagai siswa/i praktek maka yang paling
dominan kami pelajari hanya 2 hal tersebut yaitu Tiketing dan Reservasi
hotel.Siswa/i yang ditempatkan di bagian ticketing diberikan kesempatan untuk
mengenal lebih dalam tentang tata cara sistem reservasi yang tentunya berbeda
masing – masing Airlines.Setelah beberapa hari siswa/i diajarkan untuk
mengissued tiket manual yang mana sangat membutuhkan ketelitian yang tinggi,
dengan seiring berjalannya waktu siswa/i pun sudah dapat membantu melakukan
reservasi baik itu secara langsung maupun lewat telepon.begitupun ketika saya
di tempatkan di bagian reservasi hotel di berikan kesempatan untuk mengenal
lebih dalam tentang tata cara sistem reservasi yang tentunya berbeda baik domestic
maupun internasional.setelah beberapa hari saya pun di ajarkan untuk menghandle
reservasi hotel,baik domestic maupun international.
B. MENERIMA TELEPON
Dalam keadaan apapun kita harus
senantiasa ramah dalam menjawab telepon.Menerima telepon dengan baik sudah
menjadi kebijakan pada setiap perusahaan, diangkat pada deringan pertama atau
kedua dan terlebih dahulu mengucapkan nama perusahaan, salam dan langsung
menawarkan bantuan.
C. RESERVASI DAN BOOKING
PT.REKA TRANS SUTERA TOUR & TRAVEL
telah online pada sebagian besar Airlines sehingga mempermudah melakukan
reservasi atau membooking, tinggal memasukkan kode entry setiap Airlines pada
komputer, seperti: mengecek tanggal dan rute penerbangan, menarik seat,
memasukkan nama, nomor telepon travel dan penumpang, memasukkan received from,
dan mengecek time limit (batas pembookingan tiket), setelah itu muncullah kode
booking atau kode reservasi, dengan kode ini kita bisa mengecek reservasi
setiap saat.
D. PAX HANDLING
Menghandle penumpang bukanlah suatu
pekerjaan yang mudah dilakukan karena setiap penumpang memiliki
karakter/tipikal yang berbeda – beda, ada yang rumit untuk dihandle dan adapun
sebaliknya, maka kita harus lebih cermat dalam memberikan pelayanan agar
customer dapat merasa puas akan pelayanan yang diberikan. Adapun tata caranya
yaitu:
ü Bersikap ramah
ü Sopan
ü Murah senyum
ü Supel
ü Kreatif
ü Tidak tegang(santai)
E. MENGISSUED TIKET
Mengissued tiket
merupakan kegiatan yang sering dilakukan pada saat Praktek Kerja Industri.Dalam
mengissued tiket terbagi atas 2 macam cara yaitu :
- Manual
Mengissued tiket
secara manual yaitu mengissued dengan menggunakan tulisan tangan akan tetapi
dengan cara ini haruslah berhati – hati, harus mengisi tepat pada kolomnya,
terutama pada kolom rute, jenis pesawat, harga dan nama penumpang yang akan
berangkat.
Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penerbitan tiket secara manual :
ü Tidak boleh menggunakan tinta cair
ü Tidak boleh kotor atau terlihat bekas
hapusan
ü Harga tiket harus sama dengan harga yang
diberikan Airlines.
ü Harus mengisi kolom sesuai dengan aturannya
Tiket yang selalu kita
temukan itu mempunyai komponen-komponennya sendiri adapun bagian dari tiket
yaitu :
ü Audit Coupon, yaitu bagian yang
dilampirkan oleh pihak ticketing pada laporan penjualan sebagai pertanggung
jawaban paenjualan tiket.
ü Control Coupon, merupakan arsip bagi
kantor penjualan Airlines sebagai pengawasan agent.
ü Agent Coupon, merupakan arsip bagi
agent penjualan tiket.
ü Flight Coupon, merupakan lembaran
yang dibawa oleh penumpang dan diserahkan kepada petugas bandara untuk
mendapatkan “Boarding Pass”.
ü Passanger Coupon, merupakan arsip
bagi penumpang.
Ada beberapa jenis tiket yang biasa digunakan dalam Tiketing, seperti :
ü Ticket One Way, dimana tiket ini digunakan untuk
satu kali penerbangan, terdiri atas 5 lembaran yaitu audit, control, agent,
flight, dan passenger coupon masing – masing satu lembar.
ü Ticket Roundtrip (Return), tiket ini digunakan untuk
dua kali penerbangan (2 Rute), terdiri atas 6 lembar dimana terdapat 2 lembar
flight coupon.
- Elektrik
Pada dasarnya tiket
yang dibuat secara elektronik atau disebut dengan Electronic Ticket (ET), sama
halnya dengan cara manual namun titik perbedaannya adalah menggunakan komputer
dalam penerbitannya dan tidak menggunakan tulisan tangan lagi.Saat ini telah
ada 3 Airlines yang menggunakan Electronic Ticket (ET) yaitu Garuda Airways,
Merpati Airways, dan Batavia Air.Namun seiring dengan berjalan dan meningkatnya
tekhnologi kebanyakan Airlines sudah mengambil tindakan untuk tidak menggunakan
tiket manual lagi tapi lebih mengacu kepada Electronic Ticket (ET),hal itu
disebabkan karena banyaknya kemudahan dalam menggunakan E-Ticket.
F. MEMBUAT INVOICE
Invoice atau nota
dibuat pada saat transaksi pembayaran tiket sebagai suatu tanda bukti, dalam
memberikan diskon tergantung dari kebijakan perusahaan yang terpenting tidak
boleh melebihi harga tiket yang diberikan oleh Airlines PT.REKA TRANS SUTERA
TOUR & TRAVEL mempunyai 2 cara pembuatan Invoice yaitu secara manual dan
elektrik tapi yang lebih sering dipakai adalah pembuatan Invoice secara
elektrik sedangkan secara manual hanya merupakan alternative jika sistem pembuatan
Invoice secara elektrik mengalami gangguan, selanjutnya Invoice yang telah jadi
diberikan kepada bagian kasir yang kemudian transaksi pembayaran dapat
dilakukan di loket.
G. MEMBUAT LG (Letter of Guarantee).
Letter of Guarantee
(LG) merupakan suatu cara yang diberikan oleh Airlines untuk mempermudah proses
transaksi yang selama ini dilakukan oleh Travel Agent, pemesanan tiket yang
dapat diambil di kota lain meskipun pemesanannya dilakukan di tempat yang
berbeda dan pembayarannya pun dilakukan di PT.REKA TRANS SUTERA TOUR &
TRAVEL, meskipun ada cara yang seperti ini tapi tidak semua pihak dapat
diberikan LG kecuali pihak – pihak yang telah mendapat kepercayaan penuh dari
perusahaan.
Proses pemesanan tiket
ini disebut dengan Proses PTA (Prepaid Ticket Advice) yang pengambilan tiketnya
dapat dilakukan di masing – masing Airlines, batas pengambilan tiket PTA itu
sendiri paling lambat 7 hari setelah proses PTA dilakukan tetapi sekarang
Proses pengambilannya disarankan 2 atau 1 hari setelah proses PTA dilakukan.
H. LPP (Laporan Penjualan Pasasi).
LPP merupakan salah satu kegiatan yang sangat
menunjang kelancaran bahkan bisa menjadi tolak ukur seberapa besar jumlah
penjualan tiket suatu Travel karena disinilah semua tiket yang masuk dan keluar
dicatat.Tiket yang telah diissued/dibuat wajib dilaporkan kepada masing –
masing Airlines lewat proses LPP.Pelaporan masing – masing Airlines pun berbeda
– beda seperti Merpati Airways yang proses pelaporannya memiliki periode,
sedangkan untuk pelaporan E-Ticket biasanya menggunakan deposito untuk dapat
melakukan ticketing kembali.
Pada PT.REKA TRANS
SUTERA TOUR & TRAVEL bagian LPP tidak hanya melakukan pelaporan penjualan
tapi juga melakukan pencatatan jika ada Agent News yang diberikan oleh Airlines
baik itu berupa Revisi harga ataupun yang lain, Agent News itupun segera dicopy
dan dibagikan kepada staff ticketing agar tidak terjadi kesalahan dalam
pemberian informasi kepada pelanggan.Tetapi, PT.REKA TRANS SUTERA TOUR &
TRAVEL sekarang ini telah menggunakan sistem yang dimana dalam sistem ini sudah
termuat seluruh isi dari agent news yang ada, sehingga pemberian informasi
dapat dilakukan lebih cepat.Sistem itu disebut dengan nama “INTRANET”.
BAB III
PENUTUP
A. KESIMPULAN
Setelah pelaksaan
Praktek Kerja Industri yang bertempat pada PT.REKA TRANS SUTERA TOUR &
TRAVEL , penulis dapat membandingkan materi yang diperoleh dari sekolah maupun
dari industry. Pada dasarnya di sekolah maupun di industry mempunyai persamaan
dan perbedaan yang tidak jauh berbeda. Perbedaan yang dimiliki hanya terletak
pada penyesuaian suasana terutama pada saat proses reservasi dan menghandle
penumpang di tempat industry.
Dengan pelaksanaan
Praktek Kerja Industri ini siswa/i dilatih untuk mandiri dalam bekerja serta
menjadi seseorang yang professional terutama dalam hal pemberian pelayanan
terhadap pelanggan, selain itu juga praktek ini memberikan pengalaman yang
belum pernah penulis rasakan sebelumnya, sehingga pengalaman ini dapat penulis
jadikan sebagai anutan untuk masa yang akan datang.
Kami selaku siswa/i
praktek merasa sangat membutuhkan hal ini layaknya kami membutuhkan udara untuk
bernafas.Karena, sebuah laporan bukanlah sebuah laporan, hingga ada orang yang
membacanya dan memaknainya dengan hal yang postif.Semoga apa yang tertulis
tidaklah hanya menjadi sebuah tulisan.
B. SARAN – SARAN
Untuk meningkatkan
mutu pelayanan pada PT.REKA TRANS SUTERA TOUR & TRAVEL, maka kami sebagai
peserta praktek sekaligus penulis sangat ingin melihat adanya suatu
perkembangan pada perusahaan tersebut baik secara teknisi maupun secara
operational. Tiada kata yang dapat kami ucapkan selain rasa terima kasih dan
bangga kepada PT.REKA TRANS SUTERA TOUR & TRAVEL dan karena rasa peduli
kami terhadap perusahaan tersebut maka kami mengajukan beberapa saran yang
mudah – mudahan dapat menjadi sarana perubahan menuju hal yang lebih baik
sebagai berikut:
- Hubungan kerjasama antar karyawan serta kedisiplinan yang selama ini dilakukan perlu dipertahankan kalau perlu terus ditingkatkan untuk menjaga dan sekaligus meningkatkan kualitas kerja.
- Dalam menghadapi konsumen sebaiknya karyawan lebih ramah dan tidak lupa memberikan senyuman karena keduanya merupakan salah satu daya tarik bagi konsumen dan merupakan kesan sendiri yang dirasakan oleh penumpang/customer.
- Perlunya memperhatikan kebersihan lingkungan kerja terutama di meja karyawan karena meja yang berantakan dapat menimbulkan suatu keadaan yang membuat staff merasa pusing dan customer merasa terganggu dengan pemandangan tersebut
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Tuliskan komentar anda di sini :